Selasa, 22 Januari 2013

Tugas softskill 4 : Review / mengulas Jurnal

Judul : Manajemen Risiko dan Aksi Mitigasi untuk Menciptakan Rantai Pasok yang Robust


By     : Laudine Henriette Geraldin, I Nyoman Pujawan, Dyah Santhi Dewi


Jurnal ini menjelaskan tentang manajemen risiko yang dapat membuat dunia kita selalu dipenuhi oleh ketidakpastian, jika suatu bencana terjadi maka akan berdampak pada gangguan bisnis pada global. Gangguan pada supply chain berdampak negatif dalam jangka panjang terhadap banyak perusahaan yang tidak bisa pulih secara cepat dari dampak negatif itu. Apabila bencana besar terjadi, sektor bisnis juga akan ikut terserang, akibatnya banyak supply chain yang mengalami break down dan banyak pula diantaranya yang tidak dapat pulih kembali. Namun terdapat pula beberapa supply chain yang robust yakni mampu bertahan dan bahkan tetap memenuhi kebutuhan pelanggannya di tengah badai krisis yang terjadi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa dan evaluasi resiko yang berpotensi timbul pada suatu supply chain. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yang telah ada terletak pada pembuatan framework baru yang merupakan pengembangan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Quality Function Deployment (QFD). Pengembangan matriks house of quality (HOQ) digunakan untuk memetakan framework yang terbentuk dan memetakan mitigation actions dalam menangani agen resiko yang berpotensi timbul pada supply chain perusahaan. Dalam penelitian ini akan dilakukan identifikasi risiko, analisa risiko serta perancangan strategi proaktif yang sesuai bagi perusahaan agar dapat menangani risiko yang berpotensi timbul dalam rantai pasok perusahaan.

Kata kunci : robust, supply chain, FMEA, indeks prioritas risiko, QFD, HOQ, robust, mitigation actions.

             Kelebihan dan Kekurangan Penulisan
1.      Kelebihan Penulisan
Kelebihan yang terdapat dalam jurnal tersebut yaitu pemaparannya sangat jelas.
2.      Kekurangan
Dalam jurnal tersebut hampir tidak ditemukan kekurangan, tetapi hanya terdapat sedikit kesalahan dalam penulisan kata-kata.

      Kesalahan Dalam Penulisan
Kesalahan-kesalahan penulisan yang terdapat dalam jurnal tersebut, antara lain yaitu dalam penulisan judul terdapat kata risiko, dan yang seharusnya huruf ( i ) sesudah huruf (r) adalah huruf ( e ), sehingga menjadi resiko. Kemudian pada ketidakpastian penulisan kata resiko dan risiko di abstak.



Tidak ada komentar: