Senin, 29 April 2013

Tugas Softskill Kewirausahaan 2

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN

" APLIKASI ANDROID UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI PEMESANAN BARANG DARI CUSTOMER "



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat Rahmat-Nya lah kami dapat menyelesaikan Proposal Tugas Akhir “Aplikasi Android Untuk Mendapatkan Informasi Pemesanan Dari Customer. Proposal Tugas Akhir ini merupakan bahan pertimbangan dalam rangka penyusunan Tugas Softskill.
Saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada ibu Dyah Cita Irawati, yang telah memberikan pengarahan kepada kami untuk belajar membuatan proposal Tugas Akhir ini. Kami juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, sehingga proposal ini selesai dibuat.
Kami menyadari bahwa Proposal Tugas Akhir ini masih belum sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk memperbaiki isi proposal ini. Semoga Proposal Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1

1. Judul

2. Latar Belakang Masalah

3. Rumusan Masalah

4. Batasan Masalah

5. Tujuan

BAB 2

6. Overview Sistem

7. Metode Kerja

8. Metodologi Pelaksanaan

BAB 3

9. Jadwal Kegiatan

10. Rencana Anggaran Biaya

11. Daftar Pustaka



BAB 1

1.   Judul

Aplikasi Android Untuk Mendapatkan Informasi Pemesanan Dari Customer”.

2.  Latar Belakang Masalah

Android Adalah OS atau Operating System ( Sistem Operasi ) yang baru pada handphone. Saat ini Android mulai banyak yang memanfaatkan untuk melengkapi gaya hidup serta kebutuhan orang-orang yang suka terhadap perkembangan teknologi.
Dengan memanfaatkan hal itu, banyak perusahaan atau developer yang membuat dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan hal tersebut, maka saya terinspirasi untuk membuat suatu aplikasi pada Android sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Dimana perusahaan tersebut bergerak di bidang penjualan suatu barang dalam skala besar yang menginginkan suatu aplikasi yang dapat mempermudah interaksi dan mempunyai hasil yang akurat mengenai informasi pemesanan barang dari customer.
Dan terdapat masalah pada saat pemesanan barang yaitu bagaimana mengetahui sales benar- benar datang secara fisik ke toko yang telah terdaftar pada jadwal kunjungan tanpa menyalahgunakan aplikasi.
Misal dengan barcode yang ada disetiap toko, sales tersebut dapat membuktikan bahwa dia sudah datang secara langsung ke toko itu dengan men-capture barcode tersebut. Akan tetapi jaman sudah maju dan berkembang, barcode pun sudah bisa dibuat sendiri. Oleh karena itu perlu cara lain yang lebih akurat, dan kami mempunyai cara yaitu melalui GPS yang dapat dideteksi oleh aplikasi yang dibuat pada Android.
Sehingga kami membuat aplikasi tersebut dengan nama “Taking Order Based on Android Mobile Application to Get Item Orders Information from Customers” yang akan memecahkan permasalahan dan mengatasi dalam mendapatkan informasi pemesanan barang secara lebih cepat.


3.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.          Merancang dan membuat sistem informasi mengenai toko yang harus dikunjungi untuk mendapatkan informasi pesanan barang dari customer.
2.          Merancang dan membuat sistem informasi pemesanan barang menggunakan GPS dengan android.


4.  Batasan Masalah
Dalam perancangan pembuatan alat ini terdapat beberapa pembatasan masalah, yaitu:
1.       Sistem hanya menangani pemesanan barang.
2.       Sistem mendeteksi sales dengan menggunakan GPS.
3.       Aplikasi ini hanya digunakan untuk suatu perusahaan yang mempunyai pemesanan barang dalam skala besar.


5.                  Tujuan
Tujuan dari system ini adalah :
1.         Untuk membantu sales dalam hal pemesanan barang secara lebih cepat.
2.         Untuk mencegah sales tidak melakukan kunjungan.
3.         Untuk membantu sales dalam mengingatkan toko yang harus dikunjungi agar tidak terlewat.



BAB 2


6.                  Overview Sistem

Sistem ini merupakan arsitektur aplikasi di Android yang akan diterapkan pada aplikasi yang akan kita buat.




           Berdasarkan sistem diatas kemudian diterapkan pada aplikasi yang dibuat mengenai taking order, dimana pemakai aplikasi yaitu seorang distributor dari perusahaan. Dengan memakai aplikasi yang akan kami buat, diharapkan dapat membantu distributor tersebut dalam transaksi dan proses taking order yang dilakukannya terhadap customer pada list pendistribusian barang. Dan dapat dihasilkan data yang lebih akurat dengan penggunaan pendeteksian smart card atau melalui GPS pada android.
            Pertama, seorang distributor mengambil data dari server yaitu list pendistribusian barang kepada customer yang harus dia layani dan dismpan pada aplikasi.
Kedua, distributor datang secara langsung ke toko milik customer, kemudian dengan menggunakan aplikasi ini, distributor tersebut men-scan smart card atau melalui GPS sebagai tanda bukti bahwa dia telah datang secara langsung ke toko itu. Hal ini dikarenakan agar data akurat dan tidak ada penipuan atau kecurangan dari suatu distributor bahwa dia telah datang ke customernya secara langsung.
Untuk transaksi taking order yang dicatat meliputi, jumlah barang, jumlah harga yang harus di bayar customer, tanggal transaksi, dll.
            Ketiga, pada proses taking order selesai, data akan disimpan didalam aplikasi pada storage yang ada pada android. Kemudian setelah dalam jangka waktu tertentu dan data sudah terkumpul, maka masing- masing distributor tersebut setor datanya ke dalam server secara berkala dan terus menerus.




7.                  Metode Kerja

  Metodologi adalah kerangka teoritis yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa, mengerjakan atau mengatasi masalah yang dihadapi. Metode penelitian sangat penting karena baik buruknya hasil penelitian tergantung dari metodologi yang digunakan.
Metodologi dalam pelaksanaan tugas akhir ini adalah sebagai berikut.
1.       Studi literatur
Pada tahap ini akan dilakukan studi terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan Android.
2.       Diskusi kelompok
Diskusi kelompok mengenai materi dan kegiatan yang berhubungan dengan  topik TA.
3.       Bimbingan
Bimbingan tugas akhir dilakukan dengan dosen pembimbing, diantaranya membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan topik tugas akhir.
4.       Pengembangan aplikasi
Metodologi yang akan digunakan dalam pengembangan Sistem ini adalah Iterative and Incremental Development. Model pengembangan Iterative and Incremental Development dikemukakan dalam buku “Applying UML and Pattern” Third Edition oleh Craig Larman. Pada metode Iterative and Incremental Development dilakukan pengorganisasian beberapa tahap pengerjaan yang terkait pada waktu. Satu lamanya pengerjaan tahap-tahap pekerjaan tersebut merupakan satu iterasi.
i.  Iterasi pertama
Pada tahap ini akan dilaksanakan literatur-literatur yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi pada Android.
ii. Iterasi kedua
Tahap selanjutnya adalah penerapan konsep pembuatan aplikasi menggunakan Android.
iii.                    Iterasi ketiga
Pengolahan data-data yang diperlukan dan melakukan implementasi coding.


8.                  Metodologi Pelaksanaan

Metodologi adalah kerangka teoritis yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa, mengerjakan atau mengatasi masalah yang dihadapi. Metode penelitian sangat penting karena baik buruknya hasil penelitian tergantung dari metodologi yang digunakan.
Metodologi yang akan digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Iterative and Incremental Development. Model pengembangan Iterative and Incremental Development dikemukakan dalam buku “Applying UML and Pattern” Third Edition oleh Craig Larman. Pada metode Iterative and Incremental Development dilakukan pengorganisasian beberapa tahap pengerjaan yang terkait pada waktu.

5.       Requirement
Requirement merupakan tahap untuk memahami sistem yang ada dan yang akan dibuat. Agar mencapai tujuan dilakukan pemodelan sistem dengan menggunakan modelling tools. Setelah memodelkan sistem, selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap sistem yang sedang berjalan..

6.       Design
Design merupakan tahap untuk merancang sistem yang sesuai dengan requirement yang telah ditentukan. Aktivitas yang dilakukan dalam tahap ini adalah perancangan basis data, perancangan struktur data, perancangan user interface, perancangan arsitektur aplikasi.

7.       Implementation & Test & Integration & More Design
Implementation & Test & Integration & More Design merupakan tahap mengimplementasikan komponen-komponen yang telah dibuat pada tahap perancangan ke dalam bahasa pemrograman, melakukan pengetesan pada hasil implementasi, mengintegrasikan hasil dari berbagai tahap pekerjaan baik dalam iterasi yang sama maupun dari iterasi yang sebelumnya, dan melakukan perancangan ulang apabila terdapat ketidaksesuaian dengan system yang diharapkan.

8.       Final integration and system test
Final integration and system test merupakan tahap pengitegrasian system baik dengan yang berada pada iterasi yang sama setelah di-design ulang maupun dengan yang berada pada iterasi yang sebelumnya dan pengetesan pada system yang telah di integrasikan.

BAB 3
Lihat di link ini : Tugas SoftSkill Kewirausahaan 3


Tidak ada komentar: