Senin, 17 Maret 2014

Hak Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual, disingkat “HKI” atau akronim “HaKI”, adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Property Rights (IPR), yakni hak yang timbul bagi hasil olah pikir yang menghasikan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

Bagi anda yang terjun ke dunia wirausaha, membuat produk atau jasa yang baik bukan jaminan bahwa kedepan bisnis anda akan berjalan dengan langgeng. Bisnis yang baik memiliki "nama" yang mudah dikenal oleh masyarakat, baik nama usaha, maupun nama produk atau jasa yang ditawarkan. Nama ini yang akan di promosikan, bahkan untuk mencapai ketenarannya, membutuhkan waktu dan biaya yang lumayan mahal untuk sekedar iklan.

Bagaimana jika kemudian saat bisnis anda besar dan produk anda terkenal dimana-mana, muncul kompetitor yang memakai nama produk/jasa yang sama dengan anda?

Sudah banyak kasus terjadi berkaitan dengan masalah HKI. Mulai pelanggaran hak paten, perebutan merek, sampai ke penjiplakan hak cipta seseorang. Persaingan bisnis semakin ketat, dan tidak semua pengusaha bersifat fair dalam persaingan, banyak yang "nakal" dan melakukan segala cara untuk menyingkirkan saingan, bahkan dengan cara mendompleng atau merusak nama baik atau nama produk/jasa perusahaan saingan.
Perlu diketahui bahwa antara Merek, Paten, dan Hak cipta itu adalah urusan yang terpisah, hal ini yang menyebabkan terjadinya tumpang tindih hak milik.

Perusahaan A memiliki hak cipta atas suatu logo, dimana logo tersebut sudah didaftarkan Merek oleh Perusahaan B. Perusahaan A memiliki nama merek Cardinal, sementara perusahaan B mendaftarkan merek Cardinar dengan jenis usaha yang sama. Atau tahukah anda bahwa merek terbagi 45 kelas yang berbeda?

Hal-hal diatas tentunya akan mengancam kelangsungan usaha anda. Oleh karena itu sebagai Pengusaha/Wirausaha, anda WAJIB mempelajari tentang HKI. Berikut ini adalah seri buku elektronik yang membahas tentang HKI, silahkan di download dan dipelajari.

>> Download Disini <<
Buku pedoman ini berusaha untuk menjelaskan mengenai merek dari perspektif usaha. Pendekatan yang digunakan dalam buku pedoman ini bersifat praktis dan penjelasan-penjelasan yang terdapat di dalamnya disertai dengan contoh-contoh dan gambar yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pembaca. Dalam hal ini Usaha Kecil dan Menengah dianjurkan untuk menggunakan buku pedoman ini dengan tujuan untuk mengitegrasikan strategi merek yang mereka miliki ke dalam strategi bisnis mereka secara keseluruhan. WIPO menyambut baik respon untuk menyarikan buku panduan ini dengan tujuan dapat menjamin dan memenuhi kebutuhan Usaha kecil dan Menengah di seluruh dunia.


>> Download Disini <<
Pembahasan dalam buku panduan ini lebih dititikberatkan pada desain industri, yang merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu produk di pasar. Dalam Undang-undang yang mengatur tentang Hak Kekayaan Intelektual, desain industri berhubungan dengan penampilan estetika atau bentuk luar dari suatu produk. Hal itulah yang membuat suatu produk menarik atau memikat bagi konsumen dan daya tarik atas tampilan yang tampak merupakan salah satu pertimbangan utama yang mempengaruhi konsumen untuk cenderung memilih produk tertentu dari pada produk yang lainnya. Desain Industri membantu perusahaan untuk membedakan produk yang mereka miliki dengan produk yang dimiliki oleh pesaingnya. Di samping itu juga dapat meningkatkan citra merek yang digunakan pada produk tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perlindungan terhadap desain industri sangat penting.


>> Download Disini <<
Buku panduan ini difokuskan pada paten, sarana kunci untuk meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menambah keuntungan maksimum dari suatu-ide yang baru dan inovatif serta kemampuan dalam penguasaan teknologi. Manajemen sumber daya pengetahuan, khususnya ide dan konsep baru, merupakan hal yang penting dari kemampuan perusahaan; untuk mengubah, mengadaptasikan, dan mengambil peluang baru untuk dapat bersaing dalam kegiatan bisnis yang berubah semakin cepat. Dalam ekonomi berbasis pengetahuan saat ini, strategi paten dari perusahaan inovatif, harus merupakan/menjadi faktor kunci dalam menjalankan bisnisnya. Buku ini menjelaskan dengan cara sederhana dan praktis keuntungan bisnis, dari sistem paten untuk semua jenis perusahaan. Untuk itu pembaca disarankan agar berkonsultasi dengan seorang ahli di bidang paten jika ingin melindungi, mengeksploitasi atau memperoleh hak paten, buku ini menyediakan informasi praktis yang ditujukan untuk membantu pembaca memahami dasar-dasar kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang benar ketika mengkonsultasikannya dengan seorang ahli di bidang paten.


>> Download Disini <<
Buku ini memberikan pengenalan hak cipta untuk manajer bisnis dan pengusaha. Menjelaskan, secara sederhana bahasa, terutama aspek-aspek hukum hak cipta dan praktek yang mempengaruhi strategi bisnis perusahaan. Secara tradisional, perusahaan yang terlibat dalam pencetakan, penerbitan musik, dan
audiovisual kreasi (film dan TV), iklan, komunikasi dan pemasaran, kerajinan, seni visual dan pertunjukan, desain dan fashion; dan penyiaran tergantung pada hak cipta dan hak lain yang berkaitan. Selama dua dasawarsa terakhir, perangkat lunak, multimedia, dan semua konten digital industri, baik di Internet atau tidak, mengandalkan perlindungan hak cipta yang efektif, terutama revolusi sedang berlangsung di dunia hiburan digital dan pemasaran. Akibatnya, dimasa sekarang ini, seorang pengusaha atau karyawan suatu bisnis, cenderung untuk membuat atau menggunakan bahan-bahan yang dilindungi oleh hak cipta.


Sumber pustaka : 


Tidak ada komentar: